Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Udang Mantis, Si Pemburu yang Cantik

by Yuli Permana , at 6:05 AM , have 0 komentar
Udang mantis merupakan sejenis udang atau krustacea yang hidup di laut, lebih suka hidup di daerah karang atau lubang gua. Diberi nama mantis karena udang ini nampak seperti tengah berburu. Memang secara sekilas, mereka tampak seperti belalang mantis atau belalang sembah. Termasuk dalam ordo Stomatopoda, udang ini memiliki ukurang tubuh hingga 30 cm, namun salah satu jenisnya bisa mencapai ukuran 38 cm. Total keseluruhan terdapat 400 spesies, dan semuanya hidup pada subordo unipeltata

Udang Mantis
Keistimewaan Fisiologi dan Morfologi 
Ada beberapa hal yang membuatnya spesial. Yang paling dominan adalah matanya. Dr. Nicholas Roberts, seorang ahli Biologi Inggris menyatakan bahwa mata udang memiliki kemampuan melebihi teknologi yang bisa diciptakan oleh manusia. Cahaya yang telah terpolarisasi mampu mereka lihat, lalu memprosesnya dengan cara yang manusia tidak bisa lakukan. 

Gelombang cahaya terpolarisasi ini bisa merambat lurus dan berputar mirip spiral. Kalau makhluk hidup lain hanya mampu melihat cahaya terpolarisasi hanya dalam formasi memutar atau lurus, udang mantis juga mampu mengubah cahaya tersebut ke bentuk yang lain. Karena itulah, mereka mempunyai indera penglihatan yang jauh lebih baik ketimbang makhluk lain. Karena kemampuannya yang cukup unik, bisa dibilang mereka mampu melihat makhluk yang berbeda dimensi.  

Senjata Mantis 
Makhluk ini juga mempunyai senjata yang unik. Senjata ini melekat pada tubuhnya dan bisa digunakan ketika dalam keadaan terdesak. Yang pertama adalah cakar, yang mereka gunakan untuk menusuk mangsa. Ukurang cakarnya bisa berukuran besar ketika mereka telah dewasa, dan mampu memotong jari manusia. Yang kedua adalah tinju, yang berkecepatan seperti peluru kaliber 22. Tinjunya ini terkenal degan nama jempol splitter. 

Kecepatan tinjunya yang lebih dari 80km/jam dikarenakan kandungan meneral hidroksiapatit yang telah terkristalisasi sehingga memiliki konsentrasi yang tinggi. Bisa dibayangkan betapa kerasnya hidroksiapit ini karena zat ini menjadi penyusun utama gigi dan tulang manusia. Ketika udang mantis ini berburu mangsa, mereka biasanya menggunakan kemampuannya untuk memukul, bahkan cangkang kerang atau hewan molusca lainnya. Ketika mereka memukul, bagian pemukulnya akan retak. Namun, ada tiga lapisan dibawah pemukul yang akan mencegah terjadinya retakan sehingga tidak berlanjut. 

Tingkah Laku Mantis 
Makhluk laut yang terkenal agresif ini senang sekali berburu mangsa yang lebih kecil, meskipun mereka mampu membunuh mangsa yang lebih besar. Menghabiskan sebagian waktunya di dalam bebatuan atau menggali lorong-lorong kompleks di dasar laut, mereka berburu dengan menunggu mangsa datang. Mereka jarang sekali keluar dari lubang kecuali malam datang untuk berburu mangsa. 

Beberapa dari jenisnya hidup di daerah dengan iklim tropis dan subtropis dari Samudra Pasifik di Afrika sampai Hawai. Dari 400 jenis mantis yang ada didunia, yang paling unik mungkin peacock mantis shrip atau Odontodactylus scyllarus. Warnanya yang mirip dengan burung merak membuat orang sekilas mengira bahwa hewan crustacea ini adalah udang mantis.

Demikian ulasan mengenai sicanti udang mantis ini, semoga bermanfaat dan menjadi pilihan tepat untuk menghiasi akuarium anda.
Jangan lupa simak pula artikel lainnya berikut ini :
>> Daftar Ikan Hias 
>> Informasi Ikan Cupang Lengkap 
>> Informasi Ikan Mas Koki
>> Ikan Hias Neon Tetra Tercantik  
Yuli Permana
Udang Mantis, Si Pemburu yang Cantik - written by Yuli Permana , published at 6:05 AM, categorized as Budidaya , Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Laut . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger