Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Royal Clown Loach, Ikan Pemalu dari Cina

by Yuli Permana , at 7:29 PM , have 0 komentar
Royal Clown Loach atu yang disebut dengan Leptobotia elongata merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat pemalu. Saking pemalunya, ikan ini lebih banyak menghabiskan waktunya di malam hari ketimbang siang sehingga mereka sering disebut dengan ikan nocturnal.  

Habitat dan Morfologi Royal Clown Loach 
Termasuk dalam family Cobitidae (Cypriniformes) ikan ini sangat suka bersembungi dan beristirahat ditempat seperti kayu, akar atau bebatuan. Sifatnya yang pemalu membuat mereka suka dengan habitat dengan cahaya yang tenang, seperti di habitat aslinya di Sungai Yangtze bagian hulu dan tengah negara Cina.
Ikan ini mampu mencapai panjang maksima 50 cm bila mereka hidup di habitat aslinya. Di Indonesia kebanyakan didatangkan dari Cina dengan panjang rata-rata 18-30 cm. Ikan hias ini memiliki warna yang sangat menarik, dan cara berenangnya cukup unik. Tubuhnya berwarna coklat keabu-abuan atau hijau muda dengan cahaya keemasan. Selain itu, ditemukan pula garis kehitaman yang berwujud garis vertikal dan bercak tidak beraturan di tubuhnya. 
Ikan Royal Clown Loach memiliki bentuk tubuh memanjang yang pada mulutnya terdapat tiga pasang sungut mini. Mereka mendapat dua julukan nama, queen loack dan elongate loacj. 
Di lihat dari ciri-cirinya, ikan ini masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan botia badut dan ikan botia macan yang ditemukan di Indonesia. Hanya saja, botia memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil ketimbang clown loach dan kurang populer. Sejauh ini, belum pernah ada yang mempraktekkan pembiakan ikan di dalam akuarium atau dibudidaya secara komersial

Set-Up Akuarium Royal Clown Loach 
Ikan ini mudah sekali dipelihara di dalam akuarium. Mengingat sifatnya yang pemalu, akuarium perlu ditambah dengan substrat tertentu sebagai tempat persembunyian ikan misalnya akar, kayu dan batu karena sangat mereka sukai. Namun pastikan bahwa akuarium memiliki ukuran yang luas karena pertumbuhan ikan ini bisa mencapai 50 cm. 
Ikan Royal Clown Loach akan suka bersembunyi di dalam substrat di dasar akuarium. Pilihkan substrat berupa pasir halus atau kerikil. Air di dalam akuarium juga harus dibersihkan secara teratur. Cukup ganti 10% dari total keseluran air setiap seminggu sekali. Ini akan menjaga tetap dalam berkualitas. Mereka sangat bisa hidup di dalam pH air 6.8 hingga 7.2 dengan suhu 22-28 derajad Celcius. 

Pakan Royal Clown Loach 
Sifatnya yang karnivora membuat ikan ini suka dengan pakan seperti ikan kecil dan cacing darah. Namun, pakan beku atau pellet juga mereka sukai. Di habitat alaminya, mereka biasanya memakan ikan kecil, namun ini tidak membuatnya jadi agresif. Mereka bisa dicampur dengan ikan jenis sama atau berbeda dengan ukuran lebih besar asal tidak agresif. Namun, jika ditempatkan dengan ikan ukuran lebih kecil atau yang muat di dalam mulut, mereka akan dijadikan santapan bagi Royal Clown Loach.
Yuli Permana
Royal Clown Loach, Ikan Pemalu dari Cina - written by Yuli Permana , published at 7:29 PM, categorized as Budidaya , Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Laut . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger