Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Lima Makanan Ikan Cupang Terbaik untuk Pertumbuhan

by efik yuli peryuni , at 3:30 PM , have 0 komentar
Makanan ikan cupang cukup beragam, namun yang paling baik adalah makan yang mengandung nutrisi tinggi sehingga menunjang pertumbuhan anakan atau indukan ikan cupang. Dari jenis makanan yang ada, ada beberapa pakan yang baik bagi ikan petarung ini, yaitu: 

Kutu Air (Water Flea) 
Makanan ikan cupang yang satu ini sangat baik untuk anakan cupang yang baru berumur kira-kira 4 hari. Namun, kutu air juga sangat disukai cupang dewasa. Pakan ini mengandung protein tinggi sehingga sangat sempurna jika diberikan kepada anakan cupang karena mudah dicerna, sehingga pemberian kutu air pada anakan sangat direkomendasikan. Kutu air yang tersedia di alam sangat susah dicari, dan kalau membeli harganya mahal. Contoh kutu air yang ada misalnya daphnia dan moina. 

Jentik Nyamuk 
Ketimbang kutu air, pakan ini mudah didapat dan harganya cukup terjangkau. Cukup dengan mencari digenangan air di parit atau got, penggemar ikan cupang bisa mendapatkan jentik nyamuk. Meskipun mudah dan murah, jentik nyamuk juga tinggi protein sehingga bagus untuk pertumbuhan cupang. Tapi, jumlah jentik nyamuk yang diberikan harus terukur karena jentik yang tersisa bisa menjadi nyamuk. Jika ingin mencari jentik nyamuk di alam, jentik yang baik biasanya bercampur bersama larva hewan yang lain, dan masih kotor. Pisahkan jentik nyamuk dengan yang bukan jentik dengan memasukkan mereka ke dalam air es. Jentik yang asli akan mengendap ke bagian dasar. 

Cacing Sutera 
Makanan ikan cupang lainnya adalah cacing sutera. Pakan cupang ini juga murah dan mudah, karena bisa dibeli dari pedagang dengan harga terjangkau, dan bisa didapat di bantaran kali. Nutris di dalamnya sangat baik untuk pertumbuhan ikan, sekaligus membentuk tubuhnya hingga sempurna. Selain jentik, cacing sutera tergolong yang paling murah dan mudah. Namun, pakan ini bisa menyebabkan air nampak lebih kotor, sehingga disarankan untuk membilas cacing sutera sebelum diberikan kepada ikan cupang. 

Cacing Darah 
Disebut cacing darah sebenarnya mereka bukan dari golongan cacing, melainkan larva nyamuk Chironomous sp. Cupang biasanya kurang suka memakan cacing darah yang dibekukan karena sudah mati, sehingga solusinya adalah memberikan cacing darah yang masih hidup. 

Microworms 
Tergolong budah dibudidayakan, microworms termasuk pakan yang bai untuk cupang dewasa maupun anakan. Dengan warna krem atau putih, microworms memiliki tekstur yang sangat halus. Dibandingkan pakan-pakan lainnya, microworms termasuk yang paling mudah dan murah. Untuk berkembang biak, microworms hanya membutuhkan tempat berukuran kecil. Hanya sekali membeli di pasar, maka penggemar ikan akan mendapatkan persedianan mircrowomrs hingga kapanpun. Pakan ini sangat cocok diberikan kepada anakan cupang yang sedang mengalami fase paling rentan (3-10 hari) karena ukurannya yang sangat kecil. 

Di dalam air, microworms akan bergerak meliuk-liuk sehingga cupang akan tertarik untuk segera melahapnya hingga habis. Microworms akan mempercepat pertumbuhan burayak, meningkatkan kesehatan cupang sekaligus kecerahan warnanya. Karena mudahnya, banyak yang memilih microworms sebagai makanan ikan cupang.
efik yuli peryuni
Lima Makanan Ikan Cupang Terbaik untuk Pertumbuhan - written by efik yuli peryuni , published at 3:30 PM, categorized as Budidaya , Ikan Hias , Ikan Hias Cupang , Jenis Ikan Hias Air Tawar . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger