Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Ikan Galaxy Rasbora, Si Ikan “Mini” dari Myanmar

by efik yuli peryuni , at 5:34 PM , have 0 komentar
Ikan Galaxy Rasbora atau yang dikenal dengan nama Celestrial Pearl Dnaio merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar berukuran kecil yang berasal dari Danau Inle, Myanmar. Secara klasifikasi, ikan ini termasuk dalam family Cyrpinidae dan genus Danio. Dikenal dengan nama ilmiahnya Danio margaritatus, galaxy rasbora memang tergolong ikan yang sangat mini. Pada umumnya, ikan ini hanya memiliki panjang tubuh 1.5 hingga 2 cm. Bentuk tubuh dan tingkah lakunya sangat menyerupai ikan danio jenis lainnya.
Morfologi Ikan 
Selain ukuran tubuhnya yang mini, ikan ini memiliki tubuh yang berwarna cerah. Antara jantan dan betina bisa dibedakan dari warna tubuhnya karena ikan ini memiliki sexual dimorphism atau dimorfisme seksual, perbedaan sistematik luar diantara individu makhluk hidup secara jenis kelamin berbeda, namun masih dalam satu spesies.
Ikan Galaxy Rasbora jantan memiliki ciri khas biru cerah pada tubuhnya, sedangkan betina lebih ke pucat kebiruan. Ukuran tubuh ikan jantan umumnya lebih besar ketimbang ikan betinanya. Di seluruh tubuhnya, terdapat banyak bintik-bintik berupa titik menyerupai mutiara berukuran kecil, namun siriip ikan ini berwarna strip hitam-merah. Sedangkan pada betina, perutnya berwarna kekuningan, dan sirip berwarna oranye muda atau merah muda.  

Habitat Alami 
Ikan kecil ini lebih menyukai tempat yang berarus dan memiliki banyak tumbuhan air. Mereka mampu bertahan hidup pada temperatur sekitar 20-260 Celcius dan kada pH 6.5-7.5. Secara alami, mereka hidup di dalam kolam kecil dangkal yang memiliki temperatur hangat di saat musim panas. 

Sifat ikan ini adalah omnivora sehingga mereka suka sekali memangsa invertebrata (hewan tak bertulang belakang) berukuran kecil, zooplankton dan alga (ganggang). Kalau dipelihara di dalam akuarium, ikan ini sebaiknya diberi pakan berupa Artemia, Daphnia atau makanan kering. Pakan hidup diberikan agar ikan ini mampu melakukan reproduksi secara maksimal. 

Tips Pembenihan 
Reproduksi ikan Galaxy Rasbora bisa dilakukan di dalam akuarium dengan dimensi ukuran 30x20x20 cm. Ukurannya yang kecil membuat pembenihan tidak memerlukan area yang luas. Lebih lagi, filtrasi atau pencahayaan tidak diperlukan, namun alat aerasi perlu diberikan kalau ada. 

Pemijahan dilakukan secara berpasangan. Caranya, masukkan sepasang ikan yang telah dewasa ke dalam akuarium. Dengan cara ini, ikan jantan tidak akan memangsa telur. Setelah kedua ikan selesai melakukan perkawinan, dan telur mereka telah siap menetas, pindahkan segera ikan indukan ke wadah lain karena mereka akan memakan segala yang ada di dalam akuarium sebagai pemulihan setelah fase perkawinan. Telur kemudian menetas 3-4 hari setelah perkawinan. Anakan yang menetas biasanya memakan artema naupli, cacing mini, paramecium ataupun makhluk lainnya yang berukuran sekitar 5-50 micron. Di pasaran, ikan ini dijual di kisaran 6ribu-8ribu rupiah tiap ekor yang berukuran 1.5 cm. Di Indonesia, ikan ini masih jarang ditemukan sehingga seseorang perlu pergi ke toko aquascape hanya untuk mendapatkan ikan Galaxy Rasbora.
efik yuli peryuni
Ikan Galaxy Rasbora, Si Ikan “Mini” dari Myanmar - written by efik yuli peryuni , published at 5:34 PM, categorized as Budidaya , Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Laut . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger