Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Brushhmouth Pleco, Ikan Sapu “Pembersih” Akuarium

by efik yuli peryuni , at 9:53 PM , have 0 komentar
Brushmouth Pleco merupakan sejenis ikan sapu-sapu. Ikan ini seringkali dibicarakan oleh para penggemar ikan hias, dan topik pakan menjadi pembicaraan yang tiada habisnya. Pakan merupakan faktor penentu apakah pembiakan ikan ini bisa sukses atau menemui kegagalan. Ikan herbivora ini memiliki kegemaran makan sayuran, yang artinya protein yang dibutuhkan ikan ini tidak lah begitu besar seperti ikan lain pemakan daging. 

Varietas dan Morfologi Pleco 
Ikan eksotis ini mempunyai dua variasi warna: albino dan black (original). Dilihat dari ekornya, terdapat dua jenis, yaitu sapu-sapu ekor pendek dan ekor panjang (slayer). Mereka mampu mencapai panjang maksimal sampai 15 cm. Saat dewasa, ikan jantan akan memiliki beberapa tanduk halus yang terdapat pada bagian atas wajah, sedangkan ikan betina hanya memiliki tanduk yang jumlahnya lebih sedikit. 


Pakan dan Tingkah Laku 
Brushmouth Pleco umumnya dipelihara bersama ikan lain di dalam akuarium seperti ikan arwana. Mereka cenderung diam dan tidak menganggu ikan lain. Mereka bukan pemanis karena tujuan mereka dipelihara adalah untuk membersihkan akuarium. Ikan ini bersifat omnifora, sehingga lumut yang suka tumbuh di dinding akuarium akan habis mereka makan. 

Tapi, suplemen pakan tetap perlu diberikan sebagai tambahan agar mereka tercukupi. Pakan yang disukai selain lumut adalah cacing darah, pelet yang berkualitas baik. Namun, sekali-kali, pakan sayuran seperti apel, mentimun, kacang atau buncis. Bahka, buah seperti mangga dan kayu lunak seperti panaque dan pekoltia juga menjadi santapan ikan sapu-sapu ini. Namun, karena ikan ini tidak memiliki gigi, selalu disarankan untuk memberikan pakan yang empuk atau lunak sehingga mudah dihabiskan. 

Habitat Ideal 
Dipelihara di dalam akuarium, ikan Brushmouth Pleco ini mampu bertahan hidup di berbagai kondisi air. Mereka mampu bertahan dengan toleransi suhu di kisaran 23-30 derajad Celcius. Akan tetapi, kalau terpaksa terjadi kenaikan atau penurunan suhu, perubahan ini tidak boleh secara drastis. Perubahan yang drastis hingga 5 derajad akan mengakibatkan ikan mengalami stress. 

Tips Pemeliharaan
Pemijahan bisa dilakukan dengan dua cara, secara berpasangan ataupun secara massal. Dari dua cara ini, pemijahan secara massal lebih efektif ketimbang secara berpasangan. Agar pemijahan lebih berhasil, akuarium perlu ditambahi tabung yang berfungsi sebagai tempat meletakkan telur yang telah dibuahi. Tabung ini bisa berupa pipa pralon atau potong bambu dengan ukurang tubuh yang sama dengan ikan, dan panjang 1 ½ kali panjang tubuhnya. Selain itu, air dalam bak bisa diganti dengan air hujan secara rutin setiap beberapa minggu sekali. Setiap kali penggantian, sisakan 40% dari volume yang ada. Air pengganti usahakan agak dingin sehingga bisa menurunkan suhu air yang tersisa. Pakan juga wajib diberikan tapi dalam jumlah lebih sedikit. 

Penambahan tempat peletakan telur akan memudahkan pejantan dan betina meletakkan telur sehingga meningkatkan peluang keberhasilan pemijahan ikan Brushmouth Pleco.
efik yuli peryuni
Brushhmouth Pleco, Ikan Sapu “Pembersih” Akuarium - written by efik yuli peryuni , published at 9:53 PM, categorized as Budidaya , Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Laut . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger