Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Panduan Praktis Budidaya Ikan Oscar

by efik yuli peryuni , at 2:44 AM , have 0 komentar
Budidaya ikan oscar tidak pernah ada matinya karena ikan ini dari dulu hingga sekarang tetap populer di kalangan para penggemar ikan hias air tawar. Ikan yang ditemukan di pedalaman Sungai Amazon ini memiliki tubuh berwarna hitam dan merah sehingga menciptakan warna cantik nan indah ketika berenang-renang di dalam akuarium rumah. Beberapa jenis ikan oscar lainnya memiliki warna putih pucat dan corak merah kekuning-kuningan, sehingga banyak yang menyebut ikan ini "Oscar Albino". 

Pemilihan Indukan 
Indukan yang baik yang siap dikembangkan harus berumur sekitar 1,5-2 tahun dan memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm, seerta tinggi 10 cm, memiliki warna cerah. Sejak ikan berumur 5-6 bulan, pemilihan indukan mesti sudah dilakukan. Masukkan ikan jantan dan betina masing-masing 5 ekor ke dalam wadah, maka mereka akan menemukan pasangan mereka sendiri. 

Indukan jantan memiliki tubuh lebih panjang dengan alat kelamin yang menonjol. Sedangkan betina yang siap kawin memiliki perut gendut dengan lubang kelaminnya lebih besar.
 
Pemijahan 
Proses budidaya ikan oscar selanjutnya adalah pemijahan. Caranya, siapkan kolam yang berukuran 1.5x1x0.5 meter lalu isi dengan air setinggi 30-40 cm setelah didiamkan selama 12-24 jam. Beri sekat jika ukuran kolam terlalu luas. Masukkan indukan ikan ke dalam kolam, dan tiap kolam dimasukkan batu ceper warna gelap. Sebagian batu ditutup sehingga kolam semakin teduh. Ikan oscar akan memijah pada sore dan siang, lalu dibuahi penjantan. Telur yang telah dibuahi kemudian dipindah ke akuarium berukuran 70x40x10 cm dan air setinggi 10 cm. Tunggu hingga 25 hari, kemudian benih siap dipindah ke wadah dengan ukuran lebih luas. 

Pembesaran 
Tahap budidaya ikan oscar selanjutnya adalah pembesaran. Setiap penetasan, indukan ikan oscar mampu memproduksi sekitar 1000-3000 ekor. Wadah pembesaran sebaiknya berukuran sekitar 2x1x3 m, lalu isi degan air hingga ketinggian 20-25 cm. Pembesaran pertama bisa menebar anakan sekitar 300 ekor. Tambahkan tumbuhan air misalnya Hidrila Verticilatan dan eceng gondok agar matahari yang masuk ke dalam kolam tidak terlalu terik. Di saat musim hujan, tutup kolam menggunakan seng plastik sehingga air yang masuk bisa dikendalikan. 

Setelah dua bulan, lakukan penjerang. Pada tahap ini, ikan yang ada tinggal 200 ekor. Berikan cacing rambut sebagai pakan. 5-6 bulan kemudian, ketika ikan oscar telah remaja, bisa mulai dilakukan seleksi ikan yang akan dijadikan indukan. Ganti pakan dengan udang hidup atau udang rebon segar.  

Trik Mendapatkan Ikan Oscar yang Cantik 
Warna indah ikan oscar bisa didapat dengan pemberikan pakan tertentu. Pakan sebaiknya mengandung banyak zat kapur yang diberikan sejak ikan masih kecil. Pakan yang baik misalnya Rotifera, kutu air, cacing rambut, udang rebon, artemia. Ketika ikan masih sepanjang 6 cm, harga ikan per ekor di pasangan hanya 500 rupiah, namun bisa mencapai 500 ribu rupiah ketika ikan telah dewasa. Melihat peluang ini, banyak yang berminat budidaya ikan Oscar.
efik yuli peryuni
Panduan Praktis Budidaya Ikan Oscar - written by efik yuli peryuni , published at 2:44 AM, categorized as Budidaya , Ikan Hias . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger