Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Jenis Ikan Arwana Terpopuler

by efik yuli peryuni , at 10:33 PM , have 0 komentar
Jenis ikan arwana merupakan ikan hias yang menjadi favorit para penggemar arwana. Tidak hanya itu, ikan dengan nama latin Scleropages formosus ini juga termasuk dalam satwa langka, dan bisa ditemukan di habitat aslinya di Pulau Papuan dan Kalimantan. Ikan ini termasuk ikan purba yang mengalami evolusi selama lebih dari 10 juta tahun. 

Memiliki corak yang khas, arwana memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah: 

Super Red 
Jenis ini bisa ditemukan di Provinsi Kalimantan Barat tepatnya di Danau Sentarum dan Sungai Kapuas. Evolusi berjuta tahun lamanya yang disesuaikan dengan lingkungan hidupnya membuat ikan ini memiliki berbagai macam variasi seperti pada bentuk badan, kepala dan warna merah menonjol dan warna dasar ikan. Super Red memiliki warna merah dominan yang ditemukan di bagian sungut, bibir dan sirip pada ikan yang masih muda. Ketika ikan dewasa, warna merah juga muncul dibeberapa bagian lainnya, yaitu pinggiran sisik dan tutup insang. Inilah yang menyebabkan ikan ini berwarna sangat merah. 

Cross Back Golden
Jenis ikan arwana yang satu ini banyak ditemukan di beberapa tempat di negara Malaysia, misalnya Trengganu, Johor, Perak, dan Danau Bukit Merah. Banyak yang menyebutnya cross back, dikarenakan warna emasnya yang dominan ketika ikan ini telah dewasa. Karena kelangkaannya, ikan ini dibanderol dengan harga cukup tinggi di pasaran dibandingkan dengan varietas lainnya. 

Golden Red
Varietas ini mungkin yang paling terkenal diantara yang lainnya, bahkan ikan ini dijuluki Indonesia Golden Arwana. Banyak ditemukan di Pekan Baru, Golden Red memiliki warna emas pada sisik yang hanya mencapai sisik baris ke-5. Inilah yang membedakan dengan Cross Back Garden yang memiliki warna merah sampai bagian punggung. Selain itu, ikan ini mempunyai warna dasar beruap emas, hijau dan biru. Pada ikan yang masih muda, warna tubuh kusam. 

Arwana Hijau 
Jenis ikan arwana ini bisa dijumpai di negara Myanmar, Malaysia, Thailand dan Kamboja, beberapa wilayah di Indonesia. Pada umumnya, ikan ini memiliki warna kelabu kehijauan dan pada ekornya memiliki garis warna gelap. Mulut ikan ini jauh lebih besar ketimbang varietas lainnya. Hal inilah yang membuat ikan ini sangat berbeda dengan ikan arwana lainnya. Meskipun demikian, di tiap daerah dimana ikan ini dijumpai, warna ikan bisa saja bervariasi. 

Arowana Irian 
Bisa dibilang corak warna ikan ini unik karena warna dasarnya berbeda dengan kebanyakan arwana lain, yaitu hitam kecoklatan, di sisik bagian tengan terdepat bintik kuning keemasan. Bintik kuning ini juga ditemukan di daerah kepala hingga sirip dan ekor. Banyak dijumpai di daerah Irian, ikan ini sebenarnya berasal dari negara Kanguru, Australia. Karena itulah, banyak kolektor ikan yang memberikan nama Arowana Irian, sebagai salah satu ikan unik dari jenis ikan arwana. 

Semoga artikel jenis ikan arwana ini dapat membantu anda mengetahui jenis - jenis ikan arwana. kunjungi artikel lainnya yang membahas beberapa jenis ikan hias lainnya klik disini
efik yuli peryuni
Jenis Ikan Arwana Terpopuler - written by efik yuli peryuni , published at 10:33 PM, categorized as Ikan Hias , Ikan Hias Arwana , Jenis Ikan Hias Air Tawar . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger