Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Ikan Salamander, Ikan Unik dari Australia Barat

by efik yuli peryuni , at 6:12 AM , have 0 komentar
Ikan Salamander atau yang sering disebut dengan slender salamanderfish merupakan ikan air tawar yang berasala dari Australia Barat. Ikan ini menjadi satu-satunya anggota family lepidogalaxiidae. Ikan ini bukan golongan lungfish, tapi beberapa tingkah lakunya menunjukkan kemiripan ikan lungfish. Misalnya saja kemampuan ikan menggali ke dalam pasir ketika musim kering tiba. Ikan ini bisa ditemukan di daerah perairan dengan kadar asam tinggi, yaitu di lahan gambaut di antara Sungai Kent dan Blackwood. 

Seorang ilmuan bernama Gerlof Fokko Mees pertama kali menemukan ikan ini tahun 1961. Ikan ini sempat dikenali sebagai spesies Galaxiidae, namun kemudian Mees sempat ragu. Akhirnya, Lepidogalaxias salamandroides dimasukkan ke dalama Osmomeriformes. 

Morfologi Ikan 
Dengan panjang maksimal hanya 7 cm, salamander mempunyai bentuk tubuh panjang dan ramping berbentuk silinder. 
Ciri khasnya yang lain adalah bagian atas tubuhnya yang berwarna hijau kecoklatan; bagian bawah tubuh terdapat bintik keperakan dan mata berwarna kemerahan. Selain itu, leher ikan ini cukup unik karena bisa digerakkan ke segala arah. Siripnya berwarna transparan sehingga nyaris tidak terlihat.  

Habitat Alami 
Di habitat alaminya, ikan Salamander di perairan dangkal dan berpasir, sungai atau kolam kecil yang mempunyai kadar tanin yang tinggi dan kadar pH antara 3.0-6.5. Mereka mampu bertahan hidup pada berbagai temperatur air, dengan kisaran 16-320 C, dengan kedalaman kolam kurang dari 0.1 meter. Mereka lebih suka bertahan hidup di dasar perairan. Misalnya ada sebuah kolam berukuran kecil dan dangkal dengan luas kolam kurang dari 600 m2, banyaknya populasi Salamander didalamnya bisa mencapai 150 individu. Kemampuan bertahan hidup ikan ini sangat menakjubkan. Mereka mampu hidup bahkan di saat musim panas. Pasir basah bisa mereka gali hingga kedalaman sekitar 2-60 cm. Mereka tinggal di dalam galian hingga musim hujan tiba, dan kembali menggali pasir saat musim kering datang. 

Ikan Salamander ini juga dikenal dalam beberapa nama, seperti Shannon mudminnow atau Salamander Fish of Western Australia. Mereka bersifat insektifora sehingga larva serangga menjadi makanan utama ikan ini. Umumnya, mereka bisa bertahan hidup sampai dua tahun, namun ikan betina bisa bertahan sapai lima tahun dengan ukuran tubuh yang lebih besar ketimbang ikan jantan.  

Reproduksi 
Ikan ini melakukan perkawinan internal (fertilisasi internal) dimana pembuahan terjadi di tubuh induknya, karena menyesuaikan dengan habitatnya yang berada di daerah asam tinggi. Ikan pejantan menyalurkan sel sperma ke ikan betina menggunakan siri anal. Proses perkawinan ini terjadi begitu saja tanpa ada proses bercumbu seperti pada pembuahan internal spesies lain. Betina mampu memproduksi terlur sekitar 100-400 butir. Peristiwa perkawinan bisa terjadi pada musim dingin dan ketika jumlah air sedang berlimpah. Anakan ikan yang menetas bisa tumbuh dengan cepat, sehingga sebelum musim panas tiba, mereka telah menjadi ikan Salamander.
efik yuli peryuni
Ikan Salamander, Ikan Unik dari Australia Barat - written by efik yuli peryuni , published at 6:12 AM, categorized as Budidaya , Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Tawar . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger