Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Ikan Black Ghost, si Setan yang Anggun

by efik yuli peryuni , at 9:09 PM , have 0 komentar
Ikan Black Ghost atau Apterontus albifrons merupakan ikan hias air tawar berasala dari Suriname dan Sungai Amazon. Ikan ini sering dikenal para penggemar ikan sebagai "Si Setan Hitam", karena warna tubuhnya yang hampir seluruhnya berwarna kusam, kecuali pada pangkal ekor yang berwarna putih. Black Ghost termasuk ikan nocturnal sehingga lebi banyak melaukan aktivitas pada malam hari. Julukan "Si Penari Balet" disematkan padanya karena keunikannya dalam berenang. Ikan berenang horizontal seperti daun yang mengambang, tapi juga vertikal, jungkir balik dan maju mundur. 

Si Setan Hitam yang Anggun 
Julukan "Setan Hitam" rasanya kurang tepat jika melihat pada tingkah lakunya yang anggun. Bisa mencapai panjang maksimal 47 cm, ikan ini memang bukan golongan ikan ganas. Justru, ikan ini bisa bersahabat dan hidup berdampingan dengan ikan lain dalam satu wadah. Ikan Black Ghost cenderung diam tidak pernah marah ataupun memulai perkelahian. Karena itulah, ikan ini sangat cocok sebagai tambahan koleksi ikan di akuarium. Namun, disarankan agar tidak mencampur ikan ini dengan ikan yang berukuran lebih besar dan ganas karena Black Ghost bisa dianggap cacing. Sehinga, ikan ini bisa terkena serangan. Ekornya bisa putus namun bisa tumbuh lagi seperti cicak.  

Habitat Ideal 
Di sisi lain, warnanya yang hitam dan julukan seram sesuai dengan tingkah lakunya yang suka akan kegelapan. Meskipun demikian, ikan ini tidak memiliki indera penglihatan yang tajam. Sehingga, jika ingin dipelihara, Black Ghost sebaiknya ditempatkan ke dalam akuarium dengan tambahan beberapa kasesoris seperti kayu yang telah dibakar, atau yang berwarna hitam misalnya akar bakau. Bisa juga menambahkan batu-batuan dengan warna hitam. Airator juga wajib dipasang di dalam wadah dengan tambahan aksesoris sehingga akan menambah keindahan akuarium dan bisa menjadi tempat bersembunyi Black Ghost pada siang hari. Ikan Black Ghost nyaman hidup didalam wadah dengan pH 6-7 dengan suhu sekitar 26-27 C dan kekearasan 6-10 dH.  

Perawatan dan Pakan 
Pemeliharan ikan ini sangat mudah. Pemberikan pakan dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Pakan bisa berupa blood worm atau cacing merah. Hal yang mesti diperhatikan lagi adalah wadah dan air. Pastikan air dalam wadah memiliki keasaman 7, dan jernih. Maka, untuk menjaga pH dan kejernihan air, bak sebaiknya dikuras atau dibersihkan, dan air dalam bak harus diganti tiap 5 hari sekali. Gunakan air tanah atau air sumur lalu endapkan dulu selama sehari semalam dengan airator. Bila terpaksa menggunakan air PDAM, sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu selama 3 hari 3 malam. Ukuran baik sebaiknya memiliki dimensi 80x60x40. Untuk mendeteksi bahwa ikan telah betah, jika ikan dimasukkan ke dalam akuarium dan ikan langsung langsung turun dan diam pada dasar akuarium, maka air di dalam akuarium telah cocok bagi Ikan Black Ghost.
efik yuli peryuni
Ikan Black Ghost, si Setan yang Anggun - written by efik yuli peryuni , published at 9:09 PM, categorized as Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Laut . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger