Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Ikan Besar Air Tawar, Cantik dan Menarik

by efik yuli peryuni , at 9:53 PM , have 0 komentar
Ikan besar yang sering dibayangkan banyak orang mungkin hiu, paus atau lumba-lumba, tapi ternyata ikan berukuran besar juga ditemukan di perairan tawar. Kalau yang dibayangkan orang hanya ikan lele dan gabus, maka fakta beberapa spesies ikan air tawar berukuran raksasa berikut akan mencengangkan. 



 
White Sturgeon 
Ikan ini pertama kali ditemukan di Teluk Alaska dan merupakan ikan air tawar paling besar yang pernah ditemuka di Amerika Utara. Dengan berat lebih dari 1500 lbs dan panjang tubuh hingga 15 kaki, White Sturgeon mampu bertahan hidup higga lebih satu abad. Termasuk kategori invertebrata, secara penampilan ikan White Sturgeo mimiliki kemiripan dengan ikan hiu, khususnya pada ekor. Punggun berwarna abu-abu dan warna pada permukaan ventral. Itulah sebabnya ikan ini disebut White Sturgeon. Mampu berukuran besar, ikan ini memiliki mulut lebar tapi tidak berlidah, dan dilengkapi dengan indera perasa yang disebut dengan "Barbell". Ikan besar ini hidup di perairan dangkal seperti sungai dengan arus lambat; muara dan teluk. Sebagian besar waktu mereka habiskan untuk mencari makan. Mangsa yang ditangkap langsung dihisap lewat mulut lalu ditelan karena tidak punya gigi. 

Chinese Sturgeon 
Hampir sama dengan White Sturgeon, Chinese Sturgeon juga berukuran besar dengan panjang hingga 5 meter dan berat tubuh hampir 500 kg. Selain itu, selain tubuh raksasanya, ikan ini juga punya kemampuan berenang yang hebat. Ikan ini tiap tahun berenang dari Laut Cina Selatan sampai ke Sungai Yang Tze sepanjang 3500 km. Chinese Sturgeon banyak diburu manusia sehingga jumlahnya semakin sedikit. Polusi juga menunjang turunnya populasi ikan ini. Sekarang ini, hanya ada bebera ratus ekor ikan Chinese Sturgeon di habitat asilnya. 

Hiu Gergaji 
Ikan raksasa satu ini berasal dari Indonesia. Ikan ini bisa ditemukan di sungai-sungai besar atau daerah perairan seperti Sungai Mahakam, Danau Sentani, Sungai Sepih dan Sungai Siak. Di negara-negara seperti India, Australia, Afrika Selatan, Thailand dan Papua Nugini, hiu gergaji juga bisa dijumpai. Secara morfologi, ikan besar hiu gergaji ini memilki secam gergaji di moncongnya dengan panjang maksimal sampai 6,6 meter. 

Alligator Gar 
Mendengar kata alligator, otak langsung membayangkan binatang buas dan liar, tapi tidak demikian dengan ikan air tawar yang satu ini. Dulu ikan ini bisa dijumpai di beberapa negara di dunia, namun seiring waktu, jumlahnya tinggal sedkit sehingga ikan ini hanya bisa dijumpai di Amerika Utara dan Tengah. Secara penampilan, Alligator Gar memiliki moncong yang sangt mirip ikan hiu. Ikan ini mampu tumbuh besar dengan panjang maksimal 3 meter dan berat tubuh sampai 140 kg. Meskipun berbadan besar dengan tampang seram, Alligator Gar tidak buas. Jadi, penggemar ikan hias air tawar bisa memelihara ikan ini di dalam kolamnya. Sepanjang sejarah, belum pernah ada manusia yang diserang oleh Alligator Gar, si ikan besar.
efik yuli peryuni
Ikan Besar Air Tawar, Cantik dan Menarik - written by efik yuli peryuni , published at 9:53 PM, categorized as Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Tawar . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger