Informasi Tentang Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar dan Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut

Ikan Hias Molly, si Cantik yang Mungil

by efik yuli peryuni , at 8:22 AM , have 0 komentar
 Jenis ikan Hias yang termasuk ikan livebearer yang lain adalah Ikan Hias Molly (Poelicia latipinna Sailfin molly). Ikan ini sangat populer dikalangan para hobiis ikan ikan hias aquarium. Namun sangat disayangkan Ikan Molly ini membutuhkan air dengan kadar garam agak tinggi dan makanan dengan kandungan sayur. Akuarium untuk memelihara molly harus diberi tambahan garam supaya molly betah dan tidak mati. Akibat persilangan dan mutasi ikan hias molly ini sudah banyak varietas yang beragam dari bentuk tubuh dan warnanya akibat persilangan dan mutasi. Ukuran tubuh ikan hias molly ini cukup lumayan besar yaitu sekitar 12-13 cm. 
Ikan Molly atau yang populernya dengan nama Black Molly ini termasuk ikan berkelompok yang sangat ramah dan bisa di pelihara sebanyak 6 ekor dalam sebuah aquarium yang sedang. Ikan Black Molly ini termasuk ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ikan Molly ini berasal dari kawasan Meksiko, Florida. Ikan ini banyak di gemari karena keunikan dan keindahan pada perut yang buncit dan warnanya yang bervariasi, para hobis juga tidak hanya mengoleksi ikan molly ini tetapi mereka juga menjadikan ikan ini sebagai bisnis mereka, karena disamping banyak peminatnya ikan ini juga memiliki Kisaran Harga yang relatif murah yaitu Bibit Ikan Molly ini sekitar Rp. 1000 – 2000an. 

Ciri-Ciri Jantan Dan Betina : 
Induk Jantan : Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang, Tubuhnya ramping, Warnanya lebih cerah, Sirip punggung lebih panjang dan kepalanya agak besar. 
Induk Betina: Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus, Tubuhnya gemuk, Warnanya kurang cerah, Sirip punggung biasa dan kepalanya Agak runcing. 

Cara Budidaya Ikan Molly (molly (Poelicia latipinna Sailfin molly) :  
Ikan Molly merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah di budidayakan, akan tetapi apabila menginginkan generasi yang baik, tentu kita harus lebih teliti memilih bibit jantan dan betinanya yang memiliki kualitas baik. Nah sebelum kita melakukan pemijahan terlebih dahulu kita harus memilih molly jantan dan betinanya, setelah itu perhatikan langkah-langkah berikut ini.. : 
  1. Pilihlah induk yang memiliki bentuk tubuh yang besar dan memiliki corak warna yang indah dan unik 
  2. Kemudian masukan induk tersebut kedalam bak yang telah kita sediakan secara berpasang – pasangan 
  3. Bak tersebut harus kita kontrol secara insentif, apabila sudah lahir anaknya harus segera di pisahkan ke bak yang lain karena takut dimakan oleh induknya. Selamat mencoba,,, semoga sukses ya sob…
efik yuli peryuni
Ikan Hias Molly, si Cantik yang Mungil - written by efik yuli peryuni , published at 8:22 AM, categorized as Ikan Hias , Jenis Ikan Hias Air Tawar . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ikan Hias by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger